YELINA, REMA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121055 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4141121055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM. 4141121055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 4141121055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 4141121055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 4141121055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4141121055 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4141121055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4141121055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13. NIM. 4141121055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4141121055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan simulasi Physics Education and Technology (PhET) terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas kelas XI SMA Negeri 13 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu yang pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen nontes untuk mengukur aktivitas dan kemampuan keterampilan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46,40 dan pada kelas kontrol adalah 48,60. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel yaitu -0,91 < 2,012 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 48. Hal ini berarti H0 diterima, yang berarti kedua kelas yang menjadi sampel penelitian memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan simulasi PhET sebesar 71,20 sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh 62,60. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,41 > 1,676 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 48. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa akibat diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa SMA . Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan simulasi PhET berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 030 |
Keywords: | KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER, PHET, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:40 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32524 |