SUHARNI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS X SEMESTER I SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4141121075 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
02. NIM 4141121075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
03. NIM 4141121075 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
04. NIM 4141121075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
05. NIM 4141121075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
06. NIM 4141121075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 4141121075 TABLES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
08. NIM 4141121075 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 4141121075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM 4141121075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 4141121075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika pada materi pokok fluida dinamis di kelas X SMK Swasta Teladan Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Teladan Medan yang terdiri dari 16 kelas paralel. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen X TKJ-5 yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol X TKJ-3 pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa test berbentuk uraian sebanyak 8 item untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah (KPM). Hasil penelitian sebelun pembelajaran dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 15,33 dan kelas kontrol 16,83. Hasik uji t dua pihak menunjukkan bahwa kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu . Setelah dilakukan perlakuan kemudian pada kedua kelas dilakukan postest dengan nilai rata-rata postest kelas eksperimen76,83 dan kelas kontrol 72,5. Hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu pada taraf signifikan . Hal ini berarti diterima, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida dinamis di kelas X semester ganjil SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 029 |
Keywords: | Pembelajaran Konvensional, model problem based learning, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:39 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32523 |