PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS X SEMESTER I SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A 2018/2019

SUHARNI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS X SEMESTER I SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 4141121075 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 4141121075 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 4141121075 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 4141121075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 4141121075 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 4141121075 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 4141121075 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 4141121075 PREFACE.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 4141121075 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 4141121075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 4141121075 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. NIM 4141121075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 4141121075 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 4141121075 TABLES.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 4141121075 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 4141121075 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 4141121075 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 4141121075 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4141121075 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4141121075 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4141121075 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4141121075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika pada materi pokok fluida dinamis di kelas X SMK Swasta Teladan Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Teladan Medan yang terdiri dari 16 kelas paralel. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen X TKJ-5 yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol X TKJ-3 pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa test berbentuk uraian sebanyak 8 item untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah (KPM). Hasil penelitian sebelun pembelajaran dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 15,33 dan kelas kontrol 16,83. Hasik uji t dua pihak menunjukkan bahwa kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu . Setelah dilakukan perlakuan kemudian pada kedua kelas dilakukan postest dengan nilai rata-rata postest kelas eksperimen76,83 dan kelas kontrol 72,5. Hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu pada taraf signifikan . Hal ini berarti diterima, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida dinamis di kelas X semester ganjil SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 029
Keywords: Pembelajaran Konvensional, model problem based learning, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Feb 2019 11:39
Last Modified: 06 Mar 2020 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32523

Actions (login required)

View Item
View Item