KHAIRANI, SRI NIA (2019) ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142121024 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 4142121024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM. 4142121024 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4142121024 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 4142121024 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 4142121024 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 4142121024 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 4142121024 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 4142121024 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. NIM. 4142121024 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 4142121024 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal – soal fisika. Jenis penelitian ini adalah deskrptif dengan pendekatan kuantitatif yang menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika di SMA Kota Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA di kota Medan kelas XI tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dan didapatkan enam sekolah yang dijadikan sampel yakni sekolah SMA Negeri 2 Medan, SMA Negeri 11 Medan, SMA Negeri 13 Medan, SMA As – Syafiiyah Internasional Medan, SMA Swasta Taman Siswa Medan, SMA Dharma Pancasila Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian, rata – rata siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal keseimbangan dan dinamika rotasi kelas XI MIA SMA kota Medan berada dalam kategori kurang memuaskan. Hal ini dapat dilihat pada indikator mendeskripsikan soal diperoleh persentase sebesar 63% siswa mengalami kesulitan, pada indikator pendekatan fisika sebesar 54%, penggunaan rumus fisika sebesar 48% siswa mengalami kesulitan, indikator perhitungan matematika 41%, dan kesesuaian jawaban sebesar 61%. Kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal adalah pada kategori mendeskripsikan soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 027 |
Keywords: | kesulitan menyelesaikan soal fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:32 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32520 |