SIHOMBING, FATIMAH ANNISAH (2019) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 14 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142121005 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4142121005 APPROVAL SHEET_doc.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
3. NIM 4142121005 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM 4142121005 KATA PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 4142121005 TABLE OF CONTENT_doc.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM 4142121005 ILUSTRATION_doc.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 4142121005 TABEL_doc.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 4142121005 APPENDICES_doc.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4142121005 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM 4142121005 CHAPTER V_doc.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM 4142121005 BIBLIOGRAPHY_doc.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengimplementasi model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment .Populasi sampel adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas eksperimen XI MIA 7 dan kelas kontrol XI MIA 5. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay 8 item yang telah di validkan. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kemampuan pemecahan masalah (KPM) kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 23,60 dan 25,75. Hasil uji normalitas data pretes kedua sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Nilai rata-rata postes KPM kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 77,00 dan 69,30. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I adalah 37,33%, pertemuan II adalah 63,56%, dan pertemuan III adalah 84,22%. Analisis uji t diperoleh ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis di kelas XI SMA N 14 Medan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 017 |
Keywords: | Aktivitas; model problem based learning;kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 10:59 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32501 |