SETYO, PANJI SAPTO (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TPS DAN STAD PADEA MATERI SPLDV DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI KELAS VIII SMPN 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111059 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM 4123111059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
3. NIM 4123111059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM 4123111059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM 4123111059 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM 4123111059 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4123111059 TABLES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM 4123111059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
9. NIM 4123111059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
13. NIM 4123111059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
14. NIM 4123111059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan npemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi dari STAD pada materi SPLDV dengan bantuan software Geogebra di Kelas VIII SMPN 6 Medan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimental. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak sederhana (random sampling). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah
matematika berupa pre-test dan post-test masing-masing sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas tinggi. Teknik analisis data
menggunakan uji-t atau pendekatan Independet Sampel T Test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian diperoleh rata-rata gain skor atau peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe TPS sebesar 0,81 dan rata-rata gain skor atau peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe STAD yaitu sebesar 0,73. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,526 < 2,00 dan nilai sig yaitu sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi dari STAD pada materi SPLDV dengan bantuan software Geogebra di kelas VIII SMPN 6 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 013 |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Geogebra, TPS, STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 09:26 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32469 |