RAMBE, LINDA KHAIRANI (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143111027 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 3143111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM. 3143111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 3143111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 3143111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 3143111027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3143111027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3143111027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3143111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM. 3143111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14. NIM. 3143111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 6 Medan tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 6 Medan sebanyak 120 siswa. Dalam penelitian sebanyak 25 % dari populasi yaitu sebanyak 30 0rang yang diterapkan secara acak sederhana (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas X pendekatan saintifk dan variabel Y motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan studi dokumentasi, teknik analisis data menggunaan kolerasi product moment. Adapun hasil penelitian ini bahwa pengaruh implementasi pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn berpengaruh sedang. Dari data yang diperoleh dimana thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) yaitu 2,501 > 0,3438. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) pada penelitian ini diterima yaitu pengaruh implementasi pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn Di SMA Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PKN 004 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, Pembelajaran Ppkn |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF3000 By region or country L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 16:05 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32452 |