SARI, MOLI (2018) PERAN GURU PPKN DALAM MENERAPKAN SIKAP BELA NEGARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141111023 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 3141111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
3. NIM. 3141111023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 3141111023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 3141111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 3141111023 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 3141111023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 3141111023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 3141111023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
13. NIM. 3141111023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 3141111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menerapkan sikap bela Negara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam yang berlokasi di Jl. Galang, Kelurahan Syahmad, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriftif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu dengan cara observasi secara langsung ke SMP Negeri 2 Lubuk Pakam, menyebarkan angket. Jumlah Populasi dalam penulisan ini adalah 190 orang siswa yang berasal dari kelas VIII yang berjumlah 275 Maka yang menjadi sampel penelitian ini adalah 15% dari jumlah populasi sehingga penulis memperoleh sampel sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan angket.Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan cukup baik untuk menerapkan Sikap Bela Negara Siswa dalam membentuk Sikap Bela Negara melalui kecintaannya kepada produk Indonesia,tidak berbuat onar, tidak terlibat dalam narkoba, rajinbelajar, berprestasi, aktif dalam kegiatanremaja. Dari hasil perhitungan tabel frekuensi penelitian menunjukkan bahwa 53,89%. Dijelaskan bahwa Apabila responden yang memilih jawaban A persentasenya 50%-74% maka dapat dikatakan bahwa Peran Guru PPKn dalam Menerapkan Sikap Bela Negara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam tergolong cukup baik/sedang.Sehingga Peran Guru PPKn perlu ditingkatkan lagi yang mengarah pada bentuk Sikap Bela Negara dari segi cara guru mengajar PPKn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PKN 002 |
Keywords: | Pendidikan Kewarganegaraan; dan Sikap Bela Negara |
Subjects: | J Political Science > JC Political theory L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 15:51 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32444 |