HANI, RIZKI (2019) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SUMBER PADI KECAMATANA LIMA PULUH KABUPATEN BATU BARA SEMESTER GENAP TA. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133331001 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 3133331001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM. 3133331001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 3133331001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 3133331001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 3133331001 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM. 3133331001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3133331001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 3133331001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 3133331001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
14. NIM. 3133331001 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 3133331001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Aspek Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Medan. 2018. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Pemanfaatan sumber belajar IPS oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 (2) Pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS pada aspek kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 yang terbagi dalam 7 kelas dengan jumlah 266 siswa. sampel diambil sebesar 15% dari jumlah populasi ,sehingga sampel berjumlah 40 siswa.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi dokumenter dan komunikasi tidak langsung. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa deskriftif kuantitatif dengan metode statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan sumber belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 5 SUmber Padi dikatakan cukup baik, dengan nilai rata-rata 1,86.(2) Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada aspek kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sumber Padi Tahun Ajaran 2017/2018 . Hal ini dibuktikan dengan SR sebesar 38,7% dimana thitung = 4,900 untuk pemanfaatan sumber belajar dan derajat kebebasan ( dk = n-2) yaitu 38, taraf signifikan 95% dengan nilai ttabel = 2,024 maka diperoleh thitung (4,900) > ttabel (2,024).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 GEO 011 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 15:48 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 06:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32442 |