SIREGAR, RINA AGUSTINA (2018) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142141038 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 7142141038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 7142141038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM. 7142141038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 7142141038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7142141038 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7142141038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7142141038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7142141038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
13. NIM. 7142141038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
14. NIM. 7142141038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kelas X AP SMK Negeri 1 Medan T.P 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profesionalisme guru dan penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar korespondensi siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah exspost facto.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jl. Sindoro No.1, populasi sebanyak 144 siswa dan sampel yang diambil 72 siswa dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk angket menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabelitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan rumus regresi linear beganda dan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus Uji t, Uji F dan
Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel X1 diperoleh thitung > ttabel
(6,604 > 1,666) dengan signifikan 0,000 < 0,05 berarti profesionalisme guru (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Untuk variabel X2
diperoleh thitung > ttabel (5,478 < 1,666) dengan signifikan 0,000 > 0,05 berarti penggunaan multimedia pembelajaran (X2) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Selanjutnya untuk uji F diperoleh Fhitung > Ftabel
(109,906 > 3,13) pada taraf signifikansi 95% yaitu 0.000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru (X1) dan penggunaan multimedia pembelajaran (X2) terhadap hasil belajar. Hasil analisis linear berganda diperoleh Y = 14,798 + 0,420X1 + 0,355X2 + e menunjukkan bahwa profesionalisme guru dan penggunan multimedia pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,677 atau 67,7% menunjukkan
bahwa X1 dan X2 terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 32,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 002 |
Keywords: | PROFESIONALISME GURU, PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 15:16 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32422 |