SURATNA (2018) ANALISIS KENDALA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KECAMATAN DOLOK MASIHUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143131050 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 3143131050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM. 3143131050 PREFACE .pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM. 3143131050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM. 3143131050 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 3143131050 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM. 3143131050 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 3143131050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 3143131050 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 3143131050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kendala guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi di SMA Negeri Kecamatan Dolok Masihul ditinjau dari aspek penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (2) Kendala guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi di SMA Negeri Kecamatan Dolok Masihul ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran dan (3) Kendala guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi di SMA Negeri Kecamatan Dolok Masihul ditinjau dari aspek evaluasi pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar geografi di SMA Negeri di Kecamatan Dolok Masihul yang berjumlah 2 orang guru. Populasi ini sekaligus sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi, observasi dan wawancara dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan wawancara menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi oleh guru geografi pada implementasi kurikulum 2013 pada perencanaan pembelajaran (RPP) yaitu pada aspek pemilihan materi ajar, pada aspek pemilihan sumber belajar, pada aspek pemilihan media belajar dan pada aspek rancangan penilaian authentic. Kendala yang dihadapi oleh guru geografi pada implementasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran yaitu pada aspek apresiasi dan motivasi, pada aspek penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan, pada aspek pendekatan scientifik, pada aspek penguasaan materi pembelajaran, pada aspek pendekatan/strategi pembelajaran dan pada aspek pembelajaran yang memicu dan memelihara ketertiban siswa. Kendala yang dihadapi oleh guru geografi pada implementasi kurikulum 2013 pada evaluasi pembelajaran di RPP maupun di kelas yaitu pada aspek sikap. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian berdasarkan observasi dan studi dokementasi menunjukkan: (1) Kendala guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi di SMA Negeri Kecamatan Dolok Masihul ditinjau dari aspek penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata keseluruhan nilai 83,35. Dimana kendala utama yang dihadapi adalah dalam rancangan penilaian Authentic kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrumen penilaian pengetahuan dengan nilai 49,99 (2) Kendala guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi di SMA Negeri Kecamatan Dolok Masihul ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata nilai 73,67. Dimana kendala utama yang dihadapi adalah dalam penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik dengan nilai 41,66 dan (3) Kendala guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi di SMA Negeri Kecamatan Dolok Masihul ditinjau dari aspek penyusunan perencanaan evaluasi pembelajaran termasuk dalam kategor tinggi dengan rata-rata 55,27 dan dari aspek pelaksanaan evaluasi pembelajaran termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 GEO 006 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 14:54 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32418 |