Marulam, Simare-mare (2011) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SD NEGERI NO.117840 SELAT CINA DESA SELAT BESAR KECAMATAN BILAH HILIR KABUPATEN LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.
1-081188830017 Pengantar.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
2-081188830017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3-081188830017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
4-081188830017 Bab I.pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
5-081188830017 Bab V.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
6-081188830017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan prestasi belajarsiswa dengan pemberian tugas dan gaya belajar, (2) mengetahui perbedaanprestasi belajar PPKn antara siswa yang mempunyai Gaya belajar visual danauditorial, (3) Mengetahui apakah ada interaksi antara pemberian tugas dan gayabelajar terhadap hasil belajar PPKn kelas V SDN 117840 Selat Cina. Populasipenelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 117840 Selat Cina, sedangkanteknik penarikan sample dengan cluster random, sampel diambil sebanyak 2 kelassecara undian. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan factorial2x2. Gaya belajar siswa diukur dengan tes gaya belajar. Sedangkan prestasibelajar PPKn diukur dengan menggunakan item tes.: Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan prestasi belajar PPKnantara siswa dengan pemberian tugas individu dengan kelompok di peroleh F h45,62 > F, (a = 0,05) = 3,91 (2) Siswa yang memiliki gaya belajar visual F h =135,22 > F1(a = 0,05) = 3,74 (3) terdapat interaksi yang signifikan antarapemberian tugas dan gaya belajar siswa dalam mempengaruhi prestasi belajarPPKn siswa ditunjukkan F h = 43,07 > F 1(a = 0,05) = 3,91 Hasil penelitian inimenyimpulkan pembelajaran PPKn untuk kelas V SDN 117840 Selat Cina,Pemberian tugas kelompok akan memberikan prestasi belajar PPKn yang lebihbaik bila dibandingkan dengan pemberian tugas individu.Implikasi penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang tepat sesuaidengan gaya belajar yang dimiliki siswa. Tidak akan maksimal prestasi belajarPPKn yang dicapai siswa, jika dalam mengajar guru menganggap siswa itumemiliki karakteristik yang sama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sim p |
Keywords: | Pancasila; Kewargenaraan; Hasil Belajar: Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3238 |