SIGALINGGING, ESTER PRESINTA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121018 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM. 4141121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM. 4141121018 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 4141121018 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 4141121018 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 4141121018 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM. 4141121018 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM. 4141121018 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM. 4141121018 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. NIM. 4141121018 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 4141121018 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scietific Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas X SMA Negeri 10 Medan T.P 2018/2019.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain penelitian Control Group Pretest Postest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang yang diberikan perlakuan model Scientific inquiry dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 orang yang diberi perlakuan model konvensional. Instrumen yang digunakan berbentuk essai tes sebanyak 6 buah yang telah divalidasi oleh
validator. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 26,42 dan nilai rata-rata kelas kontrol 24,08. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,032, ttabel = 1,127 maka dapat disimpulkan kedua kelas memiliki keterampilan proses sains awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Scientific Inquiry pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 75,50 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 59,92. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh
hitung t = 5,946 dan tabel t = 1,671. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 10 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 192 |
Keywords: | model pembelajaran, scientific inquiry, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 14:39 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32266 |