BR SIMANJUNTAK, ARTA MORA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANALYZE DESIGN DEVELOPMENT IMPLEMENTATION AND EVALUATION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI-AK SMK SWASTA DWI TUNGGAL TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142004 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 7141142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM. 7141142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 7141142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 7141142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 7141142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM. 7141142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7141142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7141142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
13. NIM. 7141142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7141142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-AK SMK Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Analyze Design Development Implementation And Evaluation (ADDIE) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI-AK SMK Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa yang terletak di Jl.Medan KM 14,5 Tanjung Morawa, Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang semester ganjil Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-AK SMK Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (Simple Random Sampling), yaitu kelas XI-AK 1 sebagai kelas eksperimen dan XI-AK 2 sebagai kelas kontrol, dan jumlah sampel diambil menggunakan rumus Slovin yaitu 56 siswa dengan rician kelas XI-AK 1 28 siswa dak kelas XI-AK 2 28 siswa, serta penentuan sampel dilakukan dengan teknik undian. Teknik pengambilan data penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda sebanyak 15 soal. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari menghitung skor mentah untuk tiap kelompok, mencari standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata – rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 60,95 dan 83,33. Sedangkan nilai rata – rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 61,90 dan 62,14. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 1,918 > ttabel =1.673 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi kas kecil yang diajar dengan model pembelajaran Analyze Design Development Implementation And Evaluation (ADDIE) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI-AK SMK Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 133 |
Keywords: | Model Analyze Design Development Implementation And Evaluation (ADDIE); Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 14:35 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32263 |