FIRNISA, DEVI (2018) PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CAMBRIDGE KECAMATAN BINJAI TIMUR KOTA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143371002 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1143371002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
3. NIM. 1143371002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. NIM. 1143371002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM. 1143371002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1143371002 TABLES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 1143371002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1143371002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1143371002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 1143371002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
14. NIM. 1143371002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa baik peran orang tua di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, (2) Seberapa baik motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai , (3) Apakah terdapat pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui seberapa baik peran orang tua di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, (2) Untuk mengetahui seberapa baik motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, (3) Untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai.
Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang peran orang tua dari buku Dahlan dan Djawad (2007). Teori tentang motivasi belajar dikutip dari buku Sardiman, A. M. (2001). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian dilakukan pada orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di TK Cambrige Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, ditetapkan dengan teknik total sampling, yakni mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana, uji kecenderungan dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai tergolong dalam kategori “baik” dengan nilai skor 2,79. Dan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai tergolong dalam kategori “baik” dengan nilai skor 2,92. Serta terdapat pengaruh yang positif antara peran orang tua terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai dengan hasil korelasi product moment = 0,806, > dari yaitu 0,806 > 0,361 dan hasil nilai > yaitu 7,201 > 1,697, maka hipotesis diterima. Koefisien determinasi (D) sebesar 64,9%, diartikan bahwa peran orang tua mempengaruhi motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, sisanya sebesar 35,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat “pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Cambridge Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PLS 048 |
Keywords: | PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 14:32 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32260 |