AMANDA TRESIA, LADY (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL MENGGAMBAR BATIK ORNAMEN KARO PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113341016 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 5113341016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
3. NIM 5113341016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 5113341016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM 5113341016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM 5113341016 TABLE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 5113341016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
8. NIM 5113341016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM 5113341016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
13. NIM 5113341016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 5113341016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar Menggambar batik ornament Karo yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Konvensional tanpa media pembelajaran, (2) hasil belajar Menggambar batik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction berbantuan Flipchart (3) pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction berbantuan Flipchart terhadap hasil belajar Menggambar batik Ornamen Karo di Kelas X Program Keahlian Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Flipchart Terhadap Hasil Menggambar Batik Ornamen Karo Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 90 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 60 orang.
Data penelitian ini dijaring melalui melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 4 : 145, diperoleh Ftabel = 2,454, sehingga diketahui Fo < Ft (0,069 < 2,424). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Menggambar Batik Ornamen Karo dapat digunakan untuk menjaring data penelitian
Dalam penelitian ini digunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa t hitung antara X1 dan X2 diperoleh sebesar 6,960 sedangkan ttabel = pada taraf signifikan 5% dengan dk = 58 sebesar 1,697 terlihat thitung > ttabel yaitu (6, 960 > 1,697). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis maka hipotesis kerja (Ha) yang diajukan diterima. Dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction berbantuan Flipchart terhadap Hasil Belajar Menggambar Batik Ornamen Karo pada siswa Kelas X Program Keahlian Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 044 |
Keywords: | PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART, HASIL MENGGAMBAR BATIK ORNAMEN KARO |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 14:15 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32246 |