Pradita, Muhammad Ridho (2018) KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311037 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2 NIM 2143311037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM 2143311037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 2143311037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM 2143311037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 2143311037 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 2143311037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM 2143311037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
12. NIM 2143311037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM 2143311037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Kelayakan isi dan bahasa merupakan dua diantara empat kriteria kelayakan suatu buku ajar atau buku teks yang harus diperhatikan dan dinilai berdasarkan peraturan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Indonesia. Buku ajar atau buku teks merupakan salah satu instrumen dalam sebuah proses belajar mengajar. Buku ajar termasuk media yang penting guna tercapainya tujuan pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu, kelayakan sebuah buku ajar sangatlah
penting. Namun, realita yang terjadi saat ini masih banyak persoalan-persoalan terkait konten (muatan/isi) buku ajar. Berdasarkan hal tersebut disusunlah rumusan masalah, yaitu (1) bagaimana kelayakan isi pada buku ajar Bahasa Indonesia SMP
kelas VIII edisi revisi 2017 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan? dan (2) bagaimana kelayakan bahasa pada buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi revisi 2017 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan? Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis. Teknis pengumpulan datanya adalah metode dokumentasi dan teknis analisis datanya yaitu analisis konten. Hasil analisis pada buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi revisi 2017
penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah sebagai berikut: (1) Kelayakan isi pada buku ajar ini adalah 84,54% atau pada kategori sangat layak. (2) Kelayakan bahasa pada buku ajar ini adalah 88,38% atau pada kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 157 |
Keywords: | Kelayakan Isi, Kelayakan Bahasa, Buku Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 14:14 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32245 |