ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG OLEH GURU KELAS X SMA SWASTA AN-NIZAM TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Hasanah, Nurul (2018) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG OLEH GURU KELAS X SMA SWASTA AN-NIZAM TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2141111028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2141111028 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2141111028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2141111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2141111028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2141111028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2141111028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2141111028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2141111028 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2141111028 TABLE.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2141111028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2141111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2141111028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2141111028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2141111028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2141111028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2141111028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2141111028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2141111028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2141111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pengajaran langsung yang dilaksanakan oleh guru kelas X SMA Swasta An-Nizam tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif dan instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan pedoman observasi berbentuk tabel yang berisi langkah-langkah model pengajaran langsung, maka peneliti yang akan menentukan proses analisis
pelaksanaan model pengajaran langsung yang dilakukan guru. subjek dari penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas X SMA Swasta An-Nizam. sedangkan objek penelitian ini adalah situasi sosial pada saat guru melaksanakan model pengajaran langsung di kelas X SMA Swasta An-Nizam. Langkah-langkah model pengajaran langsung dilakukan oleh guru dengan menggunakan teknik observasi, rangkuman, serta mendeskripsikan data dalam hasil dan pembahasan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan model pengajaran langsung yang dilaksankan guru sudah memenuhi seluruh langkah-langkah dalam tujuh tahapan model pengajaran langsung. Mulai dari tahap menginformasikan tujuan
pembelajaran dan orientasi pelajaran, mereview pengetahuan dan keterampilan peserta didik, menyampaikan materi pelajaran, melaksanakan bimbingan, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih, menilai kinerja
peserta didik dan memberikan umpan balik, memberikan latihan mandiri telah terlaksana. Sehingga berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan model pengajaran langsung yang dilaksanakan oleh guru kelas X SMA Swasta
An-Nizam tahun pembelajaran 2018/2019 dinyatakan baik hasilnya dengan jumlah skor nilai yang diperoleh mencapai nilai 88 yang dapat dikategorikan dalam predikat baik sesuai dengan rubrik penilaian pelaksanaan model pengajaran langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 158
Keywords: PENGAJARAN LANGSUNG, GURU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 15:48
Last Modified: 04 Apr 2019 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32232

Actions (login required)

View Item
View Item