GULTOM, ERA WIRA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKO SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132141005 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4132141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3. NIM 4132141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 4132141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM 4132141005 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM 4132141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. NIM 4132141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM 4132141005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM 4132141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
13. NIM 4132141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM 4132141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning pada materi Sistem Pernapasan pada Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya sebanyak 170 orang siswa. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak dua kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berjumlah 30 orang siswa dan kelas X3 sebagai kelas yang diajar menggunakan model Problem Based
Learning yang masing-masing berjumlah 31 orang siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning adalah 39,35 dengan standar deviasi ±10,37; sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning adalah 33,5 dengan standar deviasi ±9,69. Dari hasil uji-t pada taraf α = 0,05 dengan th sebesar 2,13; tt 2,00; dan dk 59
menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning dan Problem Based Learning pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas Xi IPA SMA
Negeri 11 Medan Tahun pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 235 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, DISCOVERY LEARNING, PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 15:08 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32220 |