FIQRI, MIFTAHUL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER IIDI SMK FARMASI APIPSU MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321003 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM 4133321003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM 4133321003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 4133321003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 4133321003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM 4133321003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 4133321003 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4133321003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4133321003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
13. NIM 4133321003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 4133321003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis kelas X semester II di SMK Farmasi Apipsu Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Teknik cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas X-C
sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran induktif yang berjumlah 30 orang dan kelas X-B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 39,78 dan kelas kontrol adalah 42. setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 79,56 dan kelas kontrol 69,78. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data
berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu ((4,7443 > 2,0021).), artinya ada
pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis X semester II di SMK Farmasi Apipsu Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 197 |
Keywords: | QUASI EKPRIMEN, INDUKTIF, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 15:06 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32218 |