MANURUNG, SEPTRISNA DWI JAYA (2018) LINTASAN BELAJAR PADA MATERI BILANGAN BULAT YANG BERPIKIR KREATIF DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VII SMP SWASTA BETANIA MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111044 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4141111044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM. 4141111044 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4.NIM. 4141111044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM. 4141111044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 4141111044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 4141111044 TABLE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM. 4141111044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4141111044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
10. NIM. 4141111044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
14. NIM. 4141111044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
15. NIM. 4141111044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan suatu lintasan belajar bilangan bulat dan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap lintasan belajar bilangan
bulat dengan penerapan PMR di SMP Swasta Betania Medan. Penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dengan model penelitian Design Research melalui 3 tahapan, yaitu Tahap Preparation and design, Tahap Teaching Design Experiment, dan Tahap Restrospective Analysis yang bertujuan untuk merancang sebuah lintasan belajar bilangan bulat yang berpikir kreatif. Serangkaian aktivitas yang telah dirancang di HLT diterapkan dan dikembangkan untuk memperoleh pemahaman mengenai materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang dilihat dari tingkat kemampuan siswa dalam berpikir kreatif. Dugaan lintasan belajar bilangan bulat yang telah dirancang pada preparing for the experiment kemudian di uji cobakan pada pilot experiment dan di ujicobakan kembali dengan lintasan belajar yang telah direvisi selama pelaksanaan pembelajaran (teaching experiment) dan kemudian ke tahap Restrospective Analysis. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari keberhasilan suatu lintasan belajar bilangan bulat terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa melalui 4 indikator berpikir kreatif yaitu Kefasihan (fluency), Fleksibilitas (flexibility), Kebaruan (originality), dan Mengembangkan(elaboration. Hasil dari TKBK tersebut peningkatan rata – rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada uji coba pilot experiment adalah 67,19% dan uji coba teaching experiment adalah 81,82%, maka rata – rata dari kedua uji coba tersebut adalah sebesar 74,50%. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa pada uji coba pilot experiment dan uji coba teaching experiment
adalah sebesar 23,86%. Pada tahap Restrospective Analysis terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa siswa memiliki hubungan antara konjektur pemikiran yang beragam dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat dengan melalui tahapan berpikir kreatif. Pada saat percobaan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) berlangsung ternyata siswa melalui beberapa tahapan berpikir kreatif yaitu tahap persiapan, tahapan inkubasi
(mengingat kembali dengan menghayalkan), tahap illuminasi (timbulnya pemecahan masalah baru) dan tahap verifikasi (memperbaiki, memeriksa dan menganalisis kembali jawaban). Hal ini diketahui saat peneliti melakukan
wawancara dan pengamatan terhadap siswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa penggunaan HLT dapat mengetahui lintasan belajar siswa dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 187 |
Keywords: | lintasan belajar, berpikir kreatif, design research, PMR, Bilangan bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 14:07 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32163 |