Bancin, Linda Sarmika (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN LUBANG KANCING PASSEPOILLE PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.5113143026 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2.NIM. 5113143026 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
3.NIM. 5113143026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4.NIM. 5113143026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5.NIM. 5113143026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 5113143020 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7.NIM.5113143026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5113143026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9.NIM.5113143026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13.NIM.5113143026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14.NIM.5113143026 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hasil belajar pembuatan lubang kancing passepoille dengan menggunakan job sheet di kelas X program tata busana di SMK Negeri 1 Beringin. 2) Untuk mengetahui hasil belajar pembuatan lubang kancing passepoille tanpa menggunakan job sheet di kelas X program tata busana di SMK Negeri 1 Beringin. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar pembuatan lubang kancing passepoille dengan menggunakan job sheet di kelas X program tata busana di SMK Negeri 1 Beringin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin. Waktu penelitian pada bulan Mei semester ganjil Tahun ajaran 2017/2018 Sebanyak 2 Kelas dengan Jumlah 51 Siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan mempertimbangkan keterbatasan tenaga, waktu serta dana.Sehingga Telah ditentukan kelas X TB 1 sebagai kelas kontrol dan X TB 2 sebagai kelas Eksperimen, dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan lubang kancing passepoille pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1Beringin untuk kelas ekperimen cenderung tinggi yaitu 100%. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar membuat lubang kancing passepoille untuk kelas kontrol cenderung tinggi 100%.Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 25, diperoleh data hasil belajar membuat lubang kancing passepoille di kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel (0,1072 < 0,173) dan kelas kontrol dengan dk = 25, berdistribusi normal karenaLhitung < Ltabel ( 0,1563 < 0,173 ). Uji homogenitas, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,77<1,98 . Sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogeny). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 9,57 dan ttabel sebesar 2,01 pada taraf signifikan 0.05 dengan dk = 48 . Dengan demikian thitung> ttabel yaitu 9,57 > 2,01 .Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Lubang Kancing Passepoille Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan Media Jobsheet baik digunakan di SMK Negeri 1 Beringin dan terutama dalam mata pelajaran Teknologi Busana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 048 |
Keywords: | Media Jobsheet;Lubang Kancing Passepoille |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 13:49 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32139 |