SIBARANI, ELISABET (2018) PENGARUH PEER GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR JAHIT APLIKASI TEMPAT PENSIL PADA SISWA KELAS XI KRIYA TEKSTIL DI SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113143010 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 5113143010. APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
3. NIM. 5113143010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 511143010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5.NIM. 5113143010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM. 5113143010 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 5113143010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 5113143010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. NIM. 5113143010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM. 5113143010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM. 5113143010 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar pembuatan jahit aplikasi tempat pensil siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran peer group pada kelas XI Kriya Tekstil di SMK Negeri 1 Berastagi. 2) Hasil belajar pembuatan jahit aplikasi tempat pensil pada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas XI Kriya Tekstil di SMK Negeri 1 Berastagi. 3) Adakah pengaruh peer group terhadap hasil belajar jahit aplikasi tempat pensil pada siswa kelas XI Kriya Tekstil di SMK Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kriya Tekstil di SMK Negeri 1 Berastagi, Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak tiga kelas dengan jumlah 82 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Purpossive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas XI Kriya Tekstil 1 dan XI Kriya Tekstil 2, dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar jahit aplikasi tempat pensil pada siswa kelas XI Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi untuk kelas ekperimen berada pada kategori kompeten yaitu 85,72 %. Dan hasil belajar jahit aplikasi tempat pensil untuk kelas kontrol berada pada kategori belum kompeten yaitu 53,58%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 %, diperoleh data hasil belajar jahit aplikasi tempat pensil kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel (0,0984< 0,1674) dan kelas kontrol , berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0,1300<0,1674). Uji homogenitas, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,04 < 1,90. Sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 6,71dan ttabel pada taraf signifikan 0.05 dengan dk = 54 sebesar 2,00 . Dengan demikian thitung> ttabel yaitu 6,71> 2,00. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Peer Group Terhadap Hasil Belajar Jahit Aplikasi pada Siswa Kelas XI Kriya Tekstil di SMK Negeri 1 Berastagi. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan Pembelajaran Peer Group baik digunakan di SMK Negeri 1 Berastagi terutama dalam mata pelajaran jahit aplikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 049 |
Keywords: | Peer Group; Jahit aplikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 13:47 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32137 |