PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A. 2018/2019

MALAU, SAMUEL MARTIN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143111048 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143111048 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143111048 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 414311148 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 414311148 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143111048 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143111048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143111048 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143111048 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143111048 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143111048 TABLES.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143111048 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143111048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143111048 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143111048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143111048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143111048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143111048 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143111048 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) di kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 27 Medan yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 288 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak, maka terpilih kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu pretest dan posttest. Pretes bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa tanpa dipengaruhi pembelajaran dan menjadi dasar pengelompokan siswa pada saat pembelajaran. Posstest bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dari kedua kelas tersebut. Instrumen tes tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua validator dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) di kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A 2018/2019. dengan kata lain “terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A. 2018/2019”. Adapun aspek penalaran yang lebih tinggi adalah kemampuan memanipulasi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 206
Keywords: KEMAMPUAN PENALARAN, MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 11:33
Last Modified: 28 Feb 2019 06:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32129

Actions (login required)

View Item
View Item