MUHAMMAD, MAR'IE (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143131035 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM. 3143131035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 3143131035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4. NIM. 3143131035 AUTHENTICS LETTER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM. 3143131035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM. 3143131035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 3143131035 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 3143131035 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3143131035 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM. 3143131035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
15. NIM. 3143131035 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
16. NIM. 3143131035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan dasar mengajar guru geografi di SMA Negeri 15 Medan. (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dikelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan, dan (3) hubungan antara keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan T.P 2017/ 2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan pada tahun 2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan yang berjumlah 93 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS1 dan XI IPS2 sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung seperti test/soal dan angket, kemudian dianalisis dengan deskriptif dan inperensial. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Keterampilan dasar mengajar guru geografi di SMA Negeri 15 Medan dikatagorikan baik,hal ini diketahui dari rata – rata yakni 3,24. (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 15 Medan T.P 2017/ 2018 termasuk kedalam katagori baik yakni dengan persentase 49,18%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan. Hal ini dibuktikan dari uji “t” diperoleh yakni thitung = 18,02 sedangkan ttabel = 1,67109, maka thitung > ttabel = ( 18,02 > 1,67109 ), pada taraf signifikan 95% dan alpha 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 130 |
Keywords: | KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:34 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32116 |