Hutabarat, Ruth Juwani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133342008 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5133342008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM. 5133342008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 5133342008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 5133342008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM. 5133342008 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 5133342008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5133342008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
12. NIM. 5133342008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM. 5133342008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif pada mata pelajaran Boga Dasar; (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Kooperatif pada pelajaran Boga Dasar; (3) Pengaruh model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Boga Dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Pariwisata Imelda Medan dengan jumlah populasi sebanyak 60 orang. Sampel kelas penelitian diambil dengan teknik Total sampling terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik pengamatan. Teknik analisis data menggunakan deskripsi
data, uji kecenderungan, uji normalitas dengan menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung tinggi dengan persentasi sebesar 70 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung cukup dengan persentasi sebesar 70 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas dengan dk=5 persen adalah berdistribusi normal, pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Xhitung < Xtabel (4,7 < 11,070) dan
pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan Xhitung < Xtabel (7 < 11,070). Hasil uji homogenitas mata pelajaran Boga Dasar Fhitung < Ftabel (1,05 < 3.33) artinya hasil belajar kedua kelompok homogen. Dan
berdasarkan hasil analisis uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar Boga Dasar dengan nilai thitung ttabel (2.6 1,671) dengan taraf signifikan 5
persen. Artinya, model pembelajaran kooperatif dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BOGA 036 |
Keywords: | Kooperatif ; Boga Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:30 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32113 |