SUHAIBA, SITI (2018) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DISMKS AL - WASHLIYAH PASAR SENEN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141121032 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 3141121032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
3. NIM. 3141121032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 3141121032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 3141121032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
7. NIM. 3141121032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 3141121032 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 3141121032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3141121032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13. NIM. 3141121032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 3141121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas X di SMKS AL – Washliyah pasar senen 2 medan. Tahun ajaran 2018/ 2019. Jenis Penelitian ini adalah Quasy eksperimen , Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X TKR – 1 sebagai kelas ekperimen dan X TKR– 2 sebagai Kelas control, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda, dan pada model think pair share siswa jadi dapat lebih Dispilin, percaya diri dan berani untuk mengemukakan pendapat. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai rata – rata pretest kelas ekperimen adalah 41,86 dan nilai rata – rata kelas control 43,33, setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, data nilai pre test dari kelas eksperimen dan control dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistic diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas ekperimen dengan model pembelajaran think pair share dan kelas control dengan metode ceramah. Data post test yang diperoleh yaitu hasil rata – rata kelas ekperimen yaitu 80,83 dan kelas control 74,5. Hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa menggunkaan model pembelajaran think pair share mempunyai perbedaan atau pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada kelas X SMKS Al – Washliyah Pasar Senen 2 Medan T.A. 2018 / 2019 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 084 |
Keywords: | Hasil belajar, model pembelajaran think pair share |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:23 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32107 |