SIMANJUNTAK, STEFANI DEBORA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT SISWA SMPN 30 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111048 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4141111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM 4141111048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 4141111048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
5. NIM 4141111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 4141111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 4141111048 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM 4141111048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM 4141111048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
13. NIM 4141111048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM 4141111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan pendekatan matematika realistik kelas VII-4 SMP Negeri 30 Medan. Subjek penelitian adalah kelas VII-4 SMP Negeri 30 Medan yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan matematika realistik berbantuan power point siswa SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan berpikir kritis untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas VII-4 (yang akan diteliti), guna untuk melihat kemampuan berpikir kritis awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan pendekatan matematika realistik dengan pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII-4. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yag diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas VII-4 adalah 47,92. Setelah pemberian tindakan melalui pendekatan matematika realistik pada siklus 1 di kelas VII-4, nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis I adalah 71,48 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 21 siswa (65,63). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis II kelas VII-4 adalah 82,51 dengan jumlah siswa yang mencapai tingkat belajar klasikal sebanyak 28 siswa (87,5%). Pada siklus II, respon siswa yang mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan yaitu 87,89 % yang awalnya pada siklus I diperoleh presentase respon siswa dalam pembelajaran adalah 80,07%, maka dapat dikatakan bahwa respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII-4 SMP Negeri 30 Medan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 213 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Pendekatan Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:13 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32100 |