LIMBONG, SITI HAMIDAH (2018) KEANEKARAGAMAN ODONATA (CAPUNG) DI SAWAH DAN SUNGAI UNTUK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI INSEKTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341049 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4143341049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM 4143341049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
4. NIM 4143341049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM 4143341049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 4143341049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 4143341049 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM 4143341049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
12. NIM 4143341049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM 4143341049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui penilaian menurut ahli materi terhadap keanekaragaman odonata (capung) di sawah dan sungai tanjung rahu untuk pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan ilmiah pada materi insekta; (2) Mengetahui penilaian menurut ahli pembelajaran terhadap keanekaragaman odonata (capung) di sawah dan sungai tanjung rahu untuk pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan ilmiah pada materi insekta; (3) Mengetahui penilaian menurut ahli desain terhadap keanekaragaman odonata (capung) di sawah dan sungai tanjung rahu untuk pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan ilmiah pada materi insekta; (4) Mengetahui tanggapan menurut guru biologi terhadap keanekaragaman odonata (capung) di sawah dan sungai tanjung rahu untuk pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan ilmiah pada materi insekta; (5) Mengetahui tanggapan siswa terhadap keanekaragaman odonata (capung) di sawah dan sungai tanjung rahu untuk pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan ilmiah pada materi insekta. Produk ini dikembangkan dengan model Thiagarajan (4-D) yang telah dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari tiga tahap yaitu pendefenisian, perancangan dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan LKPD dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan nilai 86% dengan kategori sangat baik, hasil validasi dari ahli pembelajaran dengan nilai 99% dengan kategori sangat baik, hasil validasi dari ahli pembelajaran dengan nilai 78% dengan kategori baik. Berdasarkan uji coba perorangan dan kelompok kecil berada pada kriteria “layak” (90%), dan uji coba kelompok terbatas berada pada kriteria “layak” (92%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian keanekaragaman odonata (capung) di sawah dan sungai untuk pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan ilmiah pada materi insekta. Mengingat penelitian ini hanya dilakukan sampai uji coba lapangan terbatas, maka untuk mengetahui keefektifannya terhadap produk ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 257 |
Keywords: | Pengembangan, LKPD, Insekta |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:11 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32099 |