SUNDARI, DIKA (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT PADA MATERI KULTUR JARINGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143141015 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4143141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM 4143141015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM 4143141015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM 4143141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 4143141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM 4143141015 TABLES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8. NIM 4143141015 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 4143141015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM 4143141015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM 4143141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Dalam penyelenggaran pendidikan secara formal, pendidik dan peserta didik dituntut untuk lebih kreatif agar tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Penggunaan media pembelajaran yang baik dan tepat dapat membantu kelancaran proses belajar mengajar. Dalam mempelajari kultur jaringan di SMA terdapat kendala kesulitan dalam mengajarkan materi jika tidak diikuti dengan praktikum karena keterbatasan ketersediaan laboratorium kultur jaringan. Oleh sebab itu diperlukan multimedia pendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan microsoft power point pada materi kultur jaringan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA Tamansiswa Pematangsiantar dengan sampel sebanyak 49 orang dan populasi sebanyak 243 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan September 2018, dengan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu: analisis kebutuhan multimedia pembelajaran, pembuatan kisi-kisi instrumen kelayakan multimedia, pembuatan instrumen penilaian kelayakan multimedia, pembuatan produk awal media, validasi ahli, revisi, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan terbatas, dan dihasilkan produk. Produk yang dihasilkan berupa multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan guru dan siswa dalam mempelajari materi kultur jaringan di SMA. Produk dinilai layak oleh tim validasi. Hasil penilaian ahli materi menunjukkan rata-rata 96,20% terkategori sangat baik, sedangkan ahli konstruksi multimedia menunjukkan rata-rata 83,06% terkategori sangat baik. Berdasarkan uji perorangan didapat nilai rata-rata 94,97% terkategori sangat baik, uji kelompok kecil didapat nilai rata-rata 87,18% terkategori sangat baik, dan uji lapangan terbatas didapat rata-rata nilai 85,95% terkategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 259 |
Keywords: | multimedia, interaktif, R&D, kultur jaringan |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:03 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32092 |