PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT PADA MATERI KULTUR JARINGAN

SUNDARI, DIKA (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT PADA MATERI KULTUR JARINGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143141015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143141015 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143141015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143141015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143141015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143141015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143141015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143141015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4143141015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4143141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4143141015 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4143141015 TABLES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143141015 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143141015 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4143141015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143141015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4143141015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4143141015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4143141015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview

Abstract

Dalam penyelenggaran pendidikan secara formal, pendidik dan peserta didik dituntut untuk lebih kreatif agar tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Penggunaan media pembelajaran yang baik dan tepat dapat membantu kelancaran proses belajar mengajar. Dalam mempelajari kultur jaringan di SMA terdapat kendala kesulitan dalam mengajarkan materi jika tidak diikuti dengan praktikum karena keterbatasan ketersediaan laboratorium kultur jaringan. Oleh sebab itu diperlukan multimedia pendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan microsoft power point pada materi kultur jaringan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA Tamansiswa Pematangsiantar dengan sampel sebanyak 49 orang dan populasi sebanyak 243 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan September 2018, dengan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu: analisis kebutuhan multimedia pembelajaran, pembuatan kisi-kisi instrumen kelayakan multimedia, pembuatan instrumen penilaian kelayakan multimedia, pembuatan produk awal media, validasi ahli, revisi, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan terbatas, dan dihasilkan produk. Produk yang dihasilkan berupa multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan guru dan siswa dalam mempelajari materi kultur jaringan di SMA. Produk dinilai layak oleh tim validasi. Hasil penilaian ahli materi menunjukkan rata-rata 96,20% terkategori sangat baik, sedangkan ahli konstruksi multimedia menunjukkan rata-rata 83,06% terkategori sangat baik. Berdasarkan uji perorangan didapat nilai rata-rata 94,97% terkategori sangat baik, uji kelompok kecil didapat nilai rata-rata 87,18% terkategori sangat baik, dan uji lapangan terbatas didapat rata-rata nilai 85,95% terkategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 259
Keywords: multimedia, interaktif, R&D, kultur jaringan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 10:03
Last Modified: 02 Apr 2019 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32092

Actions (login required)

View Item
View Item