Nfriadi, Bayu (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131131002 COVER.doc.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 5131131002 2 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
3. NIM. 5131131002 ABSTRACT.doc.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 5131131002 PREFACE.doc.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
5. NIM. 5131131002 TABLE OF CONTENT.doc.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
6. NIM. 5131131002 ILLUSTRATION.doc.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 5131131002 TABLES.docx.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. NIM. 5131131002 APPENDIX LIST.doc.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
9. NIM. 5131131002 CHAPTER I.doc.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
13. NIM. 5131131002 CHAPTER V.doc.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. NIM. 5131131002 BIBLIOGRAPHY.doc.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X Teknik Ketenagalistrikan pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menerapkan metode ceramah untuk menyampaikan materi pelajaran. Hal ini menjadikan proses pembelajaran berjalan satu arah, sehingga mengakibatkan hasil belajar yang dicapai oleh siswa kurang maksimal.
Jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu penelitian yang berusaha mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara dua kelas yang diberikan dengan perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik diketahui dengan memberikan tes pada kedua kelas eksperimen sesudah diberikan perlakuan untuk mendapatkan nilai hasil akhir. Hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional menghasilkan nilai rata-rata sebesar 69,25 dengan Standar Deviasi 12,55 dan hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik menggunakan model pembelajaran Inkuiri menghasilkan nilai rata-rata sebesar 78,5 dengan Standar Deviasi 14,20. Rata-rata hasil post test untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan sudah memenuhi Kreteria Ketuntasan Minimum (KKM) > 75. Pengujian hipotesis menngunakan Uji t karena hasil analisis yang diperoleh penelitian ini diperoleh thitung = 2,658 sedangkan ttabel =1,672 atau thitung = 2,658 > 1,672. Berdasarkan nilai hasil belajar tersebut maka diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Kelas X Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 033 |
Keywords: | Hasil Belajar, Inkuiri, Konvensional, Dasar dan Pengukuran Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 09:18 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32067 |