PANJAITAN, CONNY CHRISANT (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133311081 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM 4133311081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
3. NIM 4133311081 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. NIM 4133311081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. NIM 4133311081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM 4133311081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4133311081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4133311081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 4133311081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
10. NIM 4133311081 BAB 1.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM 4133311081 BAB 5.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM 4133311081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Mengetahui peningkatan kemampuan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D
(define,design,develop,dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-4 pada Uji Coba 1 dan VIII-6 pada Uji Coba 2 SMP Negeri 15 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan Bahan Ajar untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah, angket
respon siswa dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: (a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu sebesar 90% pada uji coba ke 2 (b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba ke 2 (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,03 dan (d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu
pencapaian waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba 1 dan 2 (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada pada uji coba 1 25% meningkat sebesar 65%
menjadi 90% pada uji coba 2. (3) respon siswa terhadap bahan ajar yg dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) adalah positif. Secara keseluruhan hasil penelitian adalah ditemukan bahan ajar yang efektif
dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 085 |
Keywords: | BAHAN AJAR; PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK; PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 09:07 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32058 |