MEILAN, LENI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KISARAN KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133111039 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 6133111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 6133111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 6133111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM. 6133111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM. 6133111039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 6133111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 6133111039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 6133111039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM. 6133111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 6133111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas bola voli melalui pendekatan bermain pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Kisaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kisaran yang berjumlah 36 orang , terdiri dari 19 siswa putra dan 17 siswa putri. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing atas bola voli masih rendah yaitu 11,11% yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 88,88% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberikan pembelajaran passing atas bola voli melalui pendekatan bermain. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar Siklus I diperoleh 20 siswa (55.55%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 siswa (44,45%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 67,77. Pada siklus II hasil belajar passing atas bola voli diperoleh 32 siswa (88,89%) yang mencapai tingkat
ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (11,11%) masih belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81,17. Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke Siklus II sebesar 13,4%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan
bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kisaran Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 113 |
Keywords: | peningkatan hasil belajar ; passing atas bola voli ; pendekatan bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 11:44 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32038 |