PANJAITAN, INDAH PERMATA SARI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142014 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7141142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. NIM. 7141142014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM. 7141142014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 7141142014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. NIM. 7141142014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 7141142014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7141142014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
8. NIM. 7141142014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
13. NIM. 7141142014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 7141142014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Aktif Learning Start With A Question (LSQ) di kelas XI AK SMK Swasta Jambi Medan tahun pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan Jalan Pertiwi/Bantan Medan Tembung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 44 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Aktif Learning Start With A Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan, pada siklus I terdapat 55,2% menjadi 71,15% pada siklus II yang termasuk dalam kriteria kemampuan berpikir kritis adalah Kritis. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (43%), sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 33 siswa (75%) dengan rata-rata nilai 71. Meningkat pada siklus II sebanyak 41 siswa (93%) dengan rata-rata nilai 91 atau mengalami peningkatan sebesar 18%.
Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Aktif Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di kelas XI AK SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada materi buku pembantu piutang dan buku pembantu utang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 005 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Aktif Learning Start With A Question |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 15:05 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32019 |