ANGGRAINI, RIZKI PUSPITA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6141111076 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 6141111076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. NIM. 6141111076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM. 6141111076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 6141111076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 6141111076 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 6141111076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 6141111076 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 6141111076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13. NIM. 6141111076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 6141111076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis atas bola voli melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas X SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa putra dan putri. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan portofolio penilaian tes.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar servis atas. (1) hasil tes siklus I dapat dilihat bahwa dari 28 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 orang siswa (71,43%) yang sudah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 8 orang siswa (28,57%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai (73,56), ini berarti ketuntasan belajar (>85%) belum tercapai. Untuk itu peneliti perlu melakukan perbaikan dalam pembelajaran dan melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes pada siklus II. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 28 orang siswa, terdapat 24 orang siswa yang tuntas (85,71%) yang sudah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (14,29%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 80,17. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%). Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar servis atas dalam permainan bola voli pada siswa kelas X SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 001 |
Keywords: | Servis Atas Bola voli, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 15:04 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32018 |