DAULAY, HERLINA (2018) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIIA PEMBLAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 1 MEDAN DAN SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141121016 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 3141121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
3. NIM. 3141121016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 3141121016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM. 3141121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 3141121016 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3141121016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3141121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM. 3141121016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM. 3141121016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. NIM. 3141121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kretivitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Medan dan SMA Negeri 3 Medan. Populasi dari penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Medan dan seluruh siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Medan.Pengambilan sampel secara cluster random sampling dan diperolehlah dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan media lingkungan (by utility) dan kelas kontrol diberi pengajaran dengan menggunakan pembelajaran yang di desain (by design).
Sebelum dilakukan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 35,2 dan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan media lingkungandiperoleh hasil belajar siswa sebesar 83 Sedangkan untuk siswa kelas kontrol sebelum dilakukan perlakuan diperoleh hasil belajar siswa sebesar 33 dan setelah diberikan pembelajaran oleh guru dan melakukan post-test diperoleh rata-rata hasil belajar sejarah siswa sebesar 81,2.Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2,36>2,010 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa yang berarti terdapat Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 SJRH 006 |
Keywords: | Kreativitas Guru, Media Lingkungan, Hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 14:54 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32009 |