PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN

LUMBANTOBING, YASHA AGATHA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133111032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5133111032 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5133111032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5133111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5133111032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5133111032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5133111032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5133111032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5133111032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5133111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5133111032 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5133111032 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5133111032 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5133111032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5133111032 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5133111032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5133111032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5133111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5133111032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5133111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5133111032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5133111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar Konstruksi Bangunan antara siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan siswa yang diberikan perlakuan dengan
model pembelajaran Konvensional. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Medan kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang terdiri dari 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TGB-1 dan X TGB-2 terdiri dari 35 siswa dan 35 siswa dimana kelas X TGB 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TGB 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II (genap).
Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Rancangan Penelitan ini adalah pada dua kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Konvensional. Sebelum perlakuan diberikan pada dua kelas diberikan pretest dan di akhir pembelajaran diberikan posttest. Hasil belajar di dua kelas perlakuan menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan sebelum diberikan dengan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Konvensional, yaitu pada pre-test untuk perlakuan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memperoleh 53,84 dan post-test 85,02 serta pada pre-test untuk perlakuan model pembelajaran Konvensional memperoleh 53,78 dan posttest 76,76. Hasil perhitungan uji hipotesis ANAVA, diperoleh Fhitung = 38, 9612 lebih
besar dari Ftabel = 3,984. Kemudian dilanjutkan dengan uji t, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 6,2419 > 1,6689 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 68. Hal ini juga didukung dengan hasil rata-rata nilai posttest yang diperoleh di dua kelas yaitu hasil belajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Konvensional. Kesimpulan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan memberi pengaruh yang lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Konvensional, maka kesimpulan dari hasil uji hipotesis Ha diterima. Guru perlu mempertimbangkan untuk menggunakan model pembelajaran dalam mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi guru, siswa, dan pihak sekolah dalam meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BAN 001
Keywords: hasil belajar, numbered head together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 14:27
Last Modified: 27 Feb 2019 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31995

Actions (login required)

View Item
View Item