PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM KEGIATAN BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN PENGETAHUAN ANAK KELOMPOK B DI TK ASSISI MEDAN T.A 2017/2018

NATALIA SEMBIRING, NIRWANA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM KEGIATAN BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN PENGETAHUAN ANAK KELOMPOK B DI TK ASSISI MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133113016_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133113016_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133113016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133113016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133113016_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133113016_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133113016_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133113016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133113016_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133113016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133113016_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133113016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133113016_BAB I.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133113016_BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 1133113016_BAB V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 1133113016_BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1133113016_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1133113016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah perolehan pengetahuan anak kelompok B yang masih kurang. Anak dituntut untuk belajar, tapi anak-anak lebih senang bermain hingga membuat anak bosan dan tidak memperoleh pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media boneka tangan terhadap Perolehan Pengetahuan Anak Kelompok B di TK Assisi Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen Pre Experimental dengan One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sambil dilakukan dengan random sampling, yaitu dengan sampel dengan cara acak, karena populasi memiliki karakteristik yang
sama dilihat dari segi usia yaitu usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan melakukkan observasi dengan instrumen panduan observasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan sesudah menggunakan boneka tangan anak yang belajar menggunakan media boneka tangan lebih tinggi di bandingkan sebelum menggunakan media boneka tangan. Rata-rata perolehan pengetahuan anak berada pada nilai interpretasi kurang baik sebelum menggunakan boneka tangan menjadi nilai baik sesudah menggunakan boneka tangan pada penelitian ini menyatakan bahwa media boneka tangan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perolehan pengetahuan anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 23,87 > Ttabel = 1,725. Hal ini menunjukkan pengaruh yang signifikan media boneka tangan terhadap perolehan pengetahuan anak kelompok B T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PAUD 021
Keywords: PEROLEHAN PENGETAHUAN, BONEKA TANGAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 11:44
Last Modified: 04 Mar 2019 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31965

Actions (login required)

View Item
View Item