NATALIA SEMBIRING, NIRWANA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM KEGIATAN BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN PENGETAHUAN ANAK KELOMPOK B DI TK ASSISI MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133113016_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1133113016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM. 1133113016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1133113016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1133113016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM. 1133113016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133113016_BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
11. NIM. 1133113016_BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
12. NIM. 1133113016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah perolehan pengetahuan anak kelompok B yang masih kurang. Anak dituntut untuk belajar, tapi anak-anak lebih senang bermain hingga membuat anak bosan dan tidak memperoleh pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media boneka tangan terhadap Perolehan Pengetahuan Anak Kelompok B di TK Assisi Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen Pre Experimental dengan One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sambil dilakukan dengan random sampling, yaitu dengan sampel dengan cara acak, karena populasi memiliki karakteristik yang
sama dilihat dari segi usia yaitu usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan melakukkan observasi dengan instrumen panduan observasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan sesudah menggunakan boneka tangan anak yang belajar menggunakan media boneka tangan lebih tinggi di bandingkan sebelum menggunakan media boneka tangan. Rata-rata perolehan pengetahuan anak berada pada nilai interpretasi kurang baik sebelum menggunakan boneka tangan menjadi nilai baik sesudah menggunakan boneka tangan pada penelitian ini menyatakan bahwa media boneka tangan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perolehan pengetahuan anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 23,87 > Ttabel = 1,725. Hal ini menunjukkan pengaruh yang signifikan media boneka tangan terhadap perolehan pengetahuan anak kelompok B T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 021 |
Keywords: | PEROLEHAN PENGETAHUAN, BONEKA TANGAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:44 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31965 |