SIREGAR, JHON GUSTAPA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM(5133331014) COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM(5133331014) APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3.NIM(5133331014) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM(5133331014) PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM(5133331014) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM(5133331014) TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
07. NIM(5133331014) LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM(5133331014) ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM ( 5133331014 ) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
12. NIM(5133331014) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. NIM(5133331014) BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM(5133331014) BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student created case stadies terhadap hasil belajar mata pelajaran elektronika dasar pada siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas yaitu Kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan X TAV 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 25 soal. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran student created case studies sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan model ekspositori yang kemudian
akan diberikan post test pada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap data post test masing-masing kelas diperoleh rata-rata
nilai eksperimen 76,32 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 62,72. Rata-rata hasil post test untuk kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan sudah
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 75. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-U karena hasil analisis yang diperoleh penelitian ini merupakan
penelitian yang bersifat nonparametrik, berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa Zhitung = 12,8 dan Ztabel = 1,96 maka Zhitung > Ztabel (12,8 > 1,96) pada taraf signifikan 5%, berdasarkan analisis yang dilakukan penelitian ini tidak tegas dalam menolak Ho ataupun menerima Ha dan
dapat disimpulkan kedua model pembelajaran baik digunakan dalam proses pembelajaran. Artinya hanya terdapat perbedaan hasil belajar elektronika dasar yang signifikan pada kelas X TAV 1 dan X TAV 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 028 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CREATED CASE STUDIES, EKSPOSITORI, HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:39 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 09:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31963 |