NASUTION, DINI WAHYUNI (2018) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP PANCA BUDI MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
NO. 1 NIM 7131141027 COVER.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
NO. 2 NIM 7131141027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
NO. 3 NIM 7131141027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
NO. 4 NIM 7131141027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
NO. 5 NIM 7131141027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
NO. 6 NIM 7131141027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
NO. 7 NIM 7131141027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
NO. 8 NIM 7131141027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
NO. 9 NIM 7131141027 BAB I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
NO. 13 NIM 7131141027 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
NO. 14 NIM 7131141027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Panca Budi Medan T.A 2017/2018. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Panca Budi Medan T.A 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Panca Budi Medan T.A 2017/2018, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Panca Budi Medan yang berjumlah 124 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Issac dan Michael dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu anggota populasi sebanyak 42 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari masing-masing variabel kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran dinyatakan 24 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas kreativitas belajar adalah sebesar 0,930 > 0,338 ( rhitung > rtabel ) dan pemanfaatan media pembelajaran adalah sebesar 0,926 > 0,338( rhitung > rtabel ). Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 0,640+ 0,614 X1 + 0,545X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dimana thitung > ttabel ( 4,660 > 2,02 ). Dan pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dimana thitung > ttabel(4,544> 2,02). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Panca Budi Medan T.A 2017/2018 dengan nilai Fhitung > Ftabel (107,268 >3,24). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Panca Budi Medan T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 008 |
Keywords: | KREATIVITAS BELAJAR; PEMANFAATAN MEDIA PEMBELKAJARAN; DAN PRESTASI BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:36 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31957 |