KHAIRINA, MIFTA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311034_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1143311034_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
3. NIM. 1143311034_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 1143311034_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 1143311034_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
6. NIM. 1143311034_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM. 1143311034_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM. 1143311034_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 1143311034_BAB I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM. 1143311034_BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 1143311034_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran bahasa Inggris yaitu lembar aktivitas siswa (LAS) yang bercirikan pendekatakan saintifik dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D), model Van den Akker (1999) yaitu meliputi 3 aspek utama:
substantif, prosedur dan teoretis- empiris. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, serta lembar soal pre-test dan post-test. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar dan observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas siswa, sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, bila tingkat ketuntasan klasikal sebesar ≥ 65%. Subjek penelitian ini adalah
kelas IV-A dan IV-B dengan masing-masing jumlah 30 siswa. Hasil pengembangan produk adalah lembar aktivitas siswa (LAS) dengan pendekatan saintifik pada pelajaran bahasa Inggris di Kelas IV Sekolah Dasar. Hasil penelitian pada tahap pengembangan perangkat yaitu analisis awal yaitu peneliti mendapatkan sebuah gagasan lembar aktivitas siswa (LAS) yang perlu dikembangkan dan menyusun urutan konsep seta merumuskan tujuan pembelajaran. Pengembangan format produk awal menghasilkan kegiatan memproduksi serta memvalidasi lembar aktivitas siswa (LAS). Validasi lembar aktivitas siswa tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari penlaian yang dilakukan oleh validator. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli desain memperoleh skor rata- rata 3,53, validasi dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,93, sedangkan validasi ahli praktisi pendidikan memperoleh skor rata-rata 4,00. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa lembar
aktivitas siswa (LAS) dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mendukung pembelajaran kelas IV Sekolah Dasar. Disarankan kepada guru dan peneliti lainnya untuk memanfaatkan lembar aktivitas siswa ini secara optimal dan mempertimbangkan prosedur pengembangan lembar aktivitas siswa pada penelitian ini. Penelitian ini diharapkan mampu menginspirasi peneliti lain dan penulis lembar aktivitas siswa untuk mengembangkan lembar aktivitas siswa bahasa Inggris demi memenuhi kebutuhan belajar siswa yang bermutu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 109 |
Keywords: | Research and Development, Model Van den Akker, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:18 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31928 |