FIRDAUS, MARTIN (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI N 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5133131018 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. 5133131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
3. 5133131018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. 5133131018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
5. 5133131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. 5133131018 TABLES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. 5133131018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
8. 5133131018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (779kB) | Preview
12. 5133131018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13. 5133131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Open Ended terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Open Ended dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 35 soal. Dari hasil penelitian rata-rata pre-tes kelas eksperimen 54,13 dan kelas kontrol 56,63 dan hasil post-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,25 dan standar deviasi 7,91 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 76,19 dengan standar deviasi 7,32. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung sebesar 4,22 dan ttabel sebesar 1,66. Karena thitung > ttabel atau 4,22 > 1,66 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Open Ended pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 016 |
Keywords: | Model pembelajaran problem open ended,hasil belajar dasar listrik dan elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:10 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31918 |