HARAHAP, LIRA YONANDA (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS XI DI MAN KISARAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2141140027 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 2141140027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
3. NIM. 2141140027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 2141140027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 2141140027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 2141140027 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2141140027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2141140027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 2141140027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. NIM. 2141140027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
14. NIM. 2141140027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran seni tari dalam penanaman nilai-nilai karakter pada siswa kelas XI MAN Kisaran Tahun Ajaran 2018/2019. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini menggunakan teori yang berkenaan dengan karakter yang terfokus pada nilai-nilai karakter dalam kajian teori dan prakter di sekolah oleh Dharma (2013: 11). Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi penelitian siswa kelas XI Man Kisaran. Sampel penelitian berjumlah 68 siswa, terdiri dari kelas XI IPS1 dan IPA1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan studi kepustakaan. Uji validitas dilakukan menggunakan analisis korelasi rumus Product Moment dari Pearson dengan hasil 30 butir instrumen yang valid. Reliabilitas data dianalisis menggunakan rumus Kudder-Richardson 20 (K-R 20), Uji korelasi menggunakan rumus Product Moment. Hasil penelitian melalui uji korelasi Produkct Momentdi dapat hasil 0,67 dan α = 0,05 dan rtabel = 0,33 dengan kategori korelasi tinggi. Hal menunjukkan bahwa pembelajaran Seni Tari memiliki pengaruh yang cukup tinggi dalam membantu penanaman nilai-nilai karakter disiplin, komunikatif, bertanggung jawab, bekerja keras, bekerja sama dan percaya diri pada siswa dan akan semakin optimal apabila didampingi dengan metode dan model pembelajaran yang tepat. Hal ini sesuai dengan hipotesis alternatif yang menyatakan adanya pengaruh pelaksanaan pembelajaran tari dalam penanaman nilai-nilai karakter pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 TARI 016 |
Keywords: | Nilai-Nilai Karakter; Pembelajaran Seni Tari; Man Kisaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:07 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31915 |