NURHALIMAH (2018) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PANCA BUDI KECAMATAN MEDAN SUNGGAL T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (775kB) | Preview
03 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
04 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
05 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
07 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
09 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
13 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14 NIM. 1142113007 NURHALIMAH - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains anak, dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi terutama dalam pembelajaran sains. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di TK PANCA BUDI T.A 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di
kelas B1 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel sebanyak 11 orang anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan bentuk the
equivalent time samples design. Variabel bebas adalah metode eksperimen dan variabel terikat adalah keterampilan proses sains. Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata anak dari kelas yang diberi perlakuan pertama dengan menggunakan metode eksperimen mendapat nilai 1,84 dan kelas yang tidak mendapat perlakuan mendapat nilai 1,79 Sedangkan nilai rata-rata dari kelas yang diberi perlakuan kedua mendapat nilai 2,47, dan kelas yang tidak mendapat perlakuan mendapat nilai 2,18. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara penggunaan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak dibandingkan dengan tidak menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh kelas yang diberi perlakuan dengan ttabel > thitung (1,812 > 0,46), sedangkan untuk kelas tidak diberi perlakuan memperoleh nilai ttabel > thitung (1,812 > 0,26) dengan taraf α= 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa :”Terdapat pengaruh dengan menggunakan
metode eksperimen dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di TK PANCA BUDI MEDAN T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 017 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:35 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31891 |