SIMANJUNTAK, CHRISTIN APRILIA (2018) PENGARUH PEMBERIAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133111010 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 5133111010 APROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
3. NIM. 5133111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM. 5133111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 5133111010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 5133111010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 51331110010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 5133111010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5133111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM.5133111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM.5133111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
pembelajaran. Media LCD Proyektor, Alat Peraga dan Papan Tulis dan Buku Mata Pelajaran merupakan bagian dari sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian media LCD Proyektor, Alat Peraga dan Papan Tulis dan Buku Mata Pelajaran sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar Teknik. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Medan Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang terdiri dari 84 siswa. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X TGB 3, X TGB 4, X TGB 5 masing-masing terdiri dari 28 siswa. Rancangan penelitian ini adalah pada tiga kelas diberikan Media LCD Proyektor, Alat Peraga dan Media Papan Tulis dan Buku Mata pelajaran. Berdasarkan data yang ditelah dianalisis, maka diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa : pemberian media LCD Proyektor, Alat Peraga dan media Papan Tulis dan Buku Mata Pelajaran sebagai sumber belajar memberikan pengaruh yang berbeda. Karna terdapat nya perbedaan maka dilanjutkan dengan Uji Tukey untuk menunjukkan bahwa : terdapatnya perbedaan dari ketiga media yang digunakan. Hal ini juga didukung dengan hasil rata-rata nilai hasil belajar dari setiap kelas meningkat yaitu untuk media LCD Proyektor 86,46, untuk media Alat Peraga 83,67 dan untuk media Papan Tulis dan Buku Mata Pelajaran 80,10. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pemberian media LCD Proyektor lebih baik dari pada Alat Peraga dan Media Papan Tulis dan Buku Mata Pelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Guru perlu mempertimbangkan untuk menggunakan sumber belajar dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar Teknik, terkhususnya LCD Proyektor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 030 |
Keywords: | Hasil Belajar; LCD Proyektor; Alat Peraga; Sumber Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:27 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31880 |