SIAGIAN, EYMELDA (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 PINTUPOHAN MERANTI T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133311057 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM 4133311057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM 4133311057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4133311057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 4133311057 CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM 4133311057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM 4133311057 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4133311057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 4133311057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
13. NIM 4133311058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM 4133311057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa serta mendeskripsikan bagaimana proses penyelesaian soal yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis yang dibuat oleh siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik berbantuan geogebra pada sub pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Pintupohan Meranti T.A 2018/2019 yang berjumlah 22 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra pada sub pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencapai keberhasilan pada siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di kelas tersebut, dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan komunikasi matematis.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis subjek penelitian pada sub pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan mulai dari tes diagnostik sampai pada tes kemampuan komunikasi matematis I dan II terus mengalami peningkatan. Pada tes diagnostik subjek penelitian memperoleh skor rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis 50,2% (rendah) dan mengalami peningkatan pada TKKM I dengan capaian rata-rata skor tes sebesar 69,8% (sedang) dan meningkat lagi pada TKKM II dengan capaian skor rata-rata tes sebesar 77,5% (sedang). Untuk kemampuan komunikasi matematis per aspek/indikator secara umum juga mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut : indikator ekspresi matematis mencapai 87%, indikator menggambar matematis mencapai 74%, dan indikator menjelaskan matematis mencapai 71%.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis subjek penelitian pada sub pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 065 |
Keywords: | Komunikasi Matematis, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Geogebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:26 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31879 |