KALOKO, AMINAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI LINGKUNGAN BELAJAR VIRTUAL EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TIGALINGGA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142111002 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM 4142111002 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM 4142111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 4142111002 PREFACE .pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM 4142111002 CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM 4142111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
8. NIM 4142111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM 4142111002 TABLE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
9. NIM 4142111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
13. NIM 4142111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
14. NIM 4142111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung melalui lingkungan belajar virtual edmodo. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Tigalingga Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas XI IPA I berjumlah 30 orang (kelas eksperimen ) diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah melalui lingkungan belajar virtual edmodo dan kelas XI IPA 5 berjumlah 29 orang (kelas kontrol) diajar menggunakan model pembelajaran langsung melalui lingkungan belajar virtual edmodo. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan postest yang berbentuk essay dan berjumlah 3 soal. Sebelum instrumen diberikan pada siswa terlebih dahulu divalidkan kepada dua dosen matematika dan satu guru matematika. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yangt diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah melalui lingkungan belajar virtual edmodo lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) melalui lingkungan belajar virtual edmodo kelas XI di SMA N 1 Tigalingga T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 066 |
Keywords: | kemampuan representasi, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran langsung (direct instruction), virtual edmodo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:25 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31877 |