EMENINTA, FEBRI (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA KELAS XI KIMIA INDUSTRI DI SMK NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151017_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1133151017_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 1133151017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1133151017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1133151017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 1133151017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM. 1133151017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 1133151017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1133151017_BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13. NIM. 1133151017_BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM. 1133151017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas XI Kimia Industri SMK Negeri 3 Medan yang menunjukkan tingkat perilaku prososial rendah, dengan indikator kurang dapat menolong orang lain, tidak mau
berbagi dan menyumbang dengan orang lain, kurang mampu bekerjasama, kurang mampu menunjukkan rasa empatinya, dan memiliki kejujuran yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok
teknik sosiodrama terhadap peningkatan perilaku prososial pada siswa kelas XI Kimia Industri di SMK Negeri 3 Medan tahun ajaran 2017/2018. Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dipilih dengan harapan siswa dapat memerankan peran yang diberikan yaitu perilaku prososial. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian Eksperimen. Design yang digunakan adalah design pre-test dan post-test design. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas XI Kimia Industri di SMK Negeri 3 Medan yang memiliki perilaku prososial rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan, sampel yang diambil adalah 10 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah 40 item yang sebelumnya telah diuji coba sehingga dapat digunakan dalam penelitian, observasi langsung dengan sampel penelitian, wawancara antara
peneliti dan guru BK. Sedangkan metode analisis data yaitu deskriptif presentase dan uji hipotesis dengan uji Wilcoxon. Hasil Analisis diperoleh data pre-test
mahasiswa rata-rata = 54,4 dan Standar Deviasi (SDx) = 5, 31, sedangkan hasil poste-test rata-rata = 84,3 dan Standar Deviasi (Sdy) = 7,03. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama memberikan pengaruh yang positif terhadap perilaku prososial siswa kelas XI Kimia Industri SMK Negeri 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 027 |
Keywords: | Perilaku Prososial ; Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:23 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31873 |