YULIANI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 1 NATAL TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132121013 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5132121013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM. 5132121013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 5132121013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM. 5132121013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 5132121013 TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM. 5132121013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5132121013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5132121013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
10. NIM. 5132121013 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
11. NIM. 5132121013 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
12. NIM. 5132121013 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 5132121013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 5132121013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
15. NIM. 5132121013 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negri 1 Natal Tahun ajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian kelas X TKR SMK Negeri 1 Natal dan objek dalam penelitian adalah proses belajar mengajar menggunakan Model pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Hasil Belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Natal dalam menyelesaikan tes gambar teknik. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Dari 40 orang siswa hasil tes awal hanya mencapai 34,87 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 orang (10%) sedangkan yang di harapkan adalah 85% dari seluruh siswa mencapai KKM 70. Pada siklus I diperoleh peningkatan nilai rata-rata hasil belajar 70,5 Meskipun nilai rata-rata sudah memadai, tetapi persentase kelulusan siswa masih 55% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa dan yang belum tuntas 18 siswa (45%). Kemudian pada siklus II di peroleh peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa 82,00, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (90%) dan yang belum tuntas 4 siswa (10%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 024 |
Keywords: | proses belajar mengajar (PBM), Model Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:15 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31863 |