SIMBOLON, NOVA YANTI (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN PEMBERIAN HUKUMAN YANG BERSIFAT PEDAGOGIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104214 DELI TUA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111043_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1143111043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 1143111043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 1143111043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1143111043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143111043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143111043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143111043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1143111043_BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
13. NIM. 1143111043_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1143111043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah redahnya motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua dan kurangnya ide guru dalam memotivasi siswa, serta hukuman yang diberikan guru kurang maksimal untuk bisa menyadarkan siswa atas kesalahammya. Sehingga yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada hubungan antara keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 113 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah sebagian siswa kelas V yang mewakili populasi yaitu sebanyak 56 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan, yang dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis melalui uji korelasi keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dengan motivasi belajar siswa. Pengujian dilakukan dengan sampel sebanyak 56 siswa. Dari hasil perhitungan data menunjukkan bahwa Koefisien korelasi yang diperoleh setelah data yang diperoleh adalah sebesar 0,512 dengan rtabel 0,263 sehingga 0,512 > 0,263 atau nilai rhitung > rtabel sehingga kriteria penafsiran koefisien korelasinya termasuk kategori sedang karena berada diantara 0,40-0,599. Terhadap uji-t dari perhitungan uji hipotesis untuk harga dengan dk = 56-2 = 54 yaitu 2,005, = 4,38.
Melalui penghitungan uji t tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Deli Tua Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 107 |
Keywords: | Motivasi belajar siswa, keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:12 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31859 |