HUBUNGAN KETERAMPILAN PEMBERIAN HUKUMAN YANG BERSIFAT PEDAGOGIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104214 DELI TUA TAHUN AJARAN 2017/2018

SIMBOLON, NOVA YANTI (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN PEMBERIAN HUKUMAN YANG BERSIFAT PEDAGOGIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104214 DELI TUA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143111043_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143111043_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143111043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143111043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143111043_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143111043_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143111043_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143111043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143111043_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143111043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143111043_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143111043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143111043_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143111043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143111043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143111043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143111043_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143111043_BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143111043_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143111043_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143111043_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143111043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah redahnya motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua dan kurangnya ide guru dalam memotivasi siswa, serta hukuman yang diberikan guru kurang maksimal untuk bisa menyadarkan siswa atas kesalahammya. Sehingga yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada hubungan antara keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 113 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah sebagian siswa kelas V yang mewakili populasi yaitu sebanyak 56 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan, yang dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis melalui uji korelasi keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dengan motivasi belajar siswa. Pengujian dilakukan dengan sampel sebanyak 56 siswa. Dari hasil perhitungan data menunjukkan bahwa Koefisien korelasi yang diperoleh setelah data yang diperoleh adalah sebesar 0,512 dengan rtabel 0,263 sehingga 0,512 > 0,263 atau nilai rhitung > rtabel sehingga kriteria penafsiran koefisien korelasinya termasuk kategori sedang karena berada diantara 0,40-0,599. Terhadap uji-t dari perhitungan uji hipotesis untuk harga dengan dk = 56-2 = 54 yaitu 2,005, = 4,38.
Melalui penghitungan uji t tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Deli Tua Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 107
Keywords: Motivasi belajar siswa, keterampilan pemberian hukuman yang bersifat pedagogis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 10:12
Last Modified: 25 Feb 2019 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31859

Actions (login required)

View Item
View Item