SILALAHI, PANGERAN JOHANNES (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOUNCE PASS BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN VARIASI DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BINJAI TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6143311040 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 6143311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
3. NIM. 6143311040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 6143311040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 6143311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. NIM. 6143311040 TABLES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM. 6143311040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
8. NIM. 6143311040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM. 6143311040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
13. NIM. 6143311040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM. 6143311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mengoper bola dalam bola basket melalui penerapan variasi pembelajaran dan penggunaan modifikasi alat pada siswa kelas IIV SMP NEGERI 8 Binjai. Metode penelitian ini tindakan kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 28 siswa, objek dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan bermaindan modifikasi alat pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses mengoper bola dalam basket.Untuk memperoleh data dalam penelitiani ni maka di lakukan tes siklus I yang berbentuk teknik mengoper bola dalam basket. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 16 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 68,57% dan 12 siswa yang belum tuntas yaitu 31,42%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal 85% belum tercapai, untuk peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembeljaran dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 siswa terdapat 27 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 96 % dan 1 siswa yang belum tuntas 4 % dengan ini nilai rata-rata kelas 93. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal 85% telah tercapai.Berdasarkan analisis data hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar mengoper bola dalam basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 060 |
Keywords: | Variasi, Dan Modifikasi Bounce Pass, Bola Basket |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:04 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31845 |